Jun 11, 2007
Global Warming & efek rumah kaca…
Seben beberapa hari lagi ni kita memperingati hari lingkungan ( 5 Juni), sudahkah kita memelihara lingkungan kita dengan cara yang baik, apakah lingkungan yang kita tempati sudah safety buat kita… lets chek in out!!!!
Global warming, suatu bahasan yang sering kita dengar namun entah kita pahami dengan baik, apalagi menyangkut dengan lingkungan, keberlanjutan, kelestarian alam yang kita diami. Global warming, ini adalah bahasa keren dari pemanasan global, yakni meningkatnya suhu bumi akibat semakin menebalnya aktivitas gas selimut bumi ( gas rumah kaca), nah apalagi tu gas rumah kaca????nah disinilah hubungan antara keduanya(hubungan sebab akibat) gas rumah kaca adalah sebab dan pemanasan global adalah akibatnya. Gas rumah kaca bahasa kerennya adalah green house, kalau efek rumah kaca adalah yahhh green house effect , kenapa kita menyebut efek rumah kaca cos gas yang menyelimuti atmosfer prinsipnya menyerupai efek rumah kaca yang biasa di pakai pada pembenihan tanaman ( untuk pertanian) pada dasarnya cara kerjanya adalah menahan panas guna menghangatkan tanaman yang dilindunginya… jika di analogikan pada bumi, tidak lepas dari radiasi matahari yang masuk di dalam bumi melewati selimut tadi, ada sebagian yang di pantulkan , dan ada sebahagian yang diserap…. Lantas gas efek rumah kaca sebenarnya ada secara natural, jika dalam kondisi normal mempunyai peran yang lebih terhadap bumi namun aktivitas manusia inilah kemudian semakin menambah kadar rumah kaca, sehingga dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang cukup drastic, sebabnya apa?gas rumah kaca terdiri dari komponen ( CH4/ metana, No2 di nitrokosida,, dan beberapa gas penunjang /mikro,lainnya), kebanyakan dari sector perindustrian, limbah pembuangan, kendaraan, dan alat-alat rumah tangga. Menebalnya selimut bumi tadi semakin membuat bumi yang kita diami semakin hangat..akibatnya apa,,,, adanya peningkatan suhu bumi, yang berakibat fluktuatifnya iklim dan perubahannya....
( lagi belajar meteor nih ( dah ambil 3 kali.. wakakakaka)!!!! , maap kalo salah……share aja sih kali’ bermanfaat.. Ok selamat beraktivitas)

Labels:

 
posted by Nurul....:) at 01:43 | Permalink |


0 komenta':